Sabtu, 07 Januari 2012

SSH Tunnel Dengan Putty


Artikel singkat ini mengulas tentang bagaimana membuat tunneling via SSH menggunakan Putty. Simpelnya tunneling adalah teknik mengirimkan paket data melalui koneksi lain yang sudah terbentuk. Contoh mudahnya seperti ini, anda terkoneksi ke ISP Speedy dengan mendapat alokasi IP saat itu 125.163.166.146, nah saat anda mengakses sebuah webserver, maka log akan mencatat IP anda pada saat itu sama dengan IP real yang aktif digunakan yakni 125.163.166.146.
Nah sekarang dengan teknik tunneling via SSH, misalkan anda membuat koneksi SSH ke sebuah server dengan IP publik 119.235.18.16. Dengan teknik tunneling maka koneksi aktif ke server tersebut dapat digunakan untuk melewatkan paket http yang dikirim atau direquest via koneksi real ISP tersebut. Sehingga jika anda mengakses sebuah webserver via tunneling, maka IP yang akan dicatat di log adalah IP dimana SSH server yang kita koneksikan, bukan IP real dari ISP kita. Teknik ini banyak kegunaannya salah satunya untuk mempercepat koneksi internasional jika kebetulan kita tunnel ke server yang memiliki spek bandwidth internasional lebar. Tunneling juga bisa membypass segala lapis firewall, aturan proxy yang berlaku pada koneksi real.
Ok langsung saja kita kepada praktiknya:
  • Download aplikasi Putty di http://download.endrix.web.id/putty.exe, simpan di tempat yang mudah diakses, misal ke Desktop.
  • buka aplikasi Putty dengan mengklik ganda (aplikasi Putty tidak perlu diinstall)
  • pada bagian Session, masukkan IP server tujuan pada kotak Host Name
  • lalu beranjak ke bagian SSH > Tunnels, masukkan port yang diinginkan pada bagian Source port, lalu pilih Dynamic, lalu klik Add
  • lalu klik Open
  • lalu masukkan username  dan password akun SSH anda hingga muncul prompt user $
  • sampai disini koneksi tunneling degan ssh sudah terbentuk, selanjutnya kita tinggal mengatur browser agar bisa menggunakan koneksi ini.
  • pada FireFox klik menu Tools >  Options > klik bagian Advanced lalu klik tab Network.
  • pilih Manual proxy configuration, isi SOCKS Host dengan ‘localhost’ dan masukkan port yang telah dibuat tadi, pastikan pilihannya adalah SOCKS v5 lalu klik OK
  • coba mengakses salah satu situs yang bisa mendeteksi IP koneksi asal, dalam hal ini kita gunakan http://noc-temp.cbn.net.id/myip.php maka akan terdeteksi di halaman tersebut bahwa IP asal koneksi kita adalah IP server yang sedang kita SSH, sedangkan IP ISP yang kita gunakan tidak terdeteksi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar